Jenis-Jenis Genset Menurut Bahan Bakar yang Digunakan

Iklan Semua Halaman

Jenis-Jenis Genset Menurut Bahan Bakar yang Digunakan

Admin
Wednesday, March 4, 2020

Kebutuhan listrik setiap orang berbeda-beda karena memang penggunaannya pun juga berbeda-beda. Ada yang memang kebutuhannya seputar kebutuhan rumah tangga ada pula yang memang menggunakannya untuk keperluan bisnis. Secara keseluruhan, akhir-akhir ini kebutuhan listrik meningkat drastis namun tidak sebanding dengan pasokan listrik yang tersedia. Untuk mengatasinya maka diperlukannya genset. Banyaknya jenis genset sesuai dengan bahan bakar yang digunakan bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Berbagai Jenis Mesin Genset

Penggunaan genset akhir-akhir ini meningkat sehingga persewaan genset pun banyak bermunculan. Genset atau generator set merupakan seperangkat alat yang menghasilkan listrik dalam jumlah yang sangat besar dan biasanya digunakan sebagai alternatif ketika listrik padam. Proses menghasilkan listrik ini pada genset melalui proses yang panjang yakni proses induksi elektromagnetik. Lantas apa saja jenis genset yang ada? Berikut ini ulasan selengkapnya. 

1. Genset mesin gas
Tipe genset yang pertama adalah genset dengan mesin gas. Sesuai dengan namanya, genset ini menggunakan mesin yang berbahan bakar gas. Gas yang digunakan merupakan gas hasil olahan gas bumi yang diolah sedemikian rupa baik menjadi LPG (Liquid Petroleum Gas) ataupun CNG (Commpressed Natural Gas). Genset mesin gas ini banyak sekali yang menggunakan untuk kebutuhan rumah tangga maupun untuk industri. 

2. Genset mesin diesel
Genset mesin diesel menjadi genset yang sering digunakan orang karena keefektifannya yang cukup baik. Kapasitas daya yang dihasilkan cukup besar serta beragamnya spesifikasi mesin menjadikan mesin diesel menjadi tipe genset favorit. 

3. Genset mesin bensin
Genset mesin bensin sangat jarang digunakan lantaran kapasitas daya yang dihasilakan rendah yakni maksimal 10 Kw/ 10.000 Watt. Meski begitu, keunggulan dari genset mesin bensin adalah bentuknya yang portable sehingga memudahkan genset ini untuk dibawa kemanapun pergi. 

4. Genset mesin solar
Genset mesin solar biasanya digunakan sebagai alternatif listrik di tempat-tempat yang memang diperuntukkan untuk kebutuhan komersil. Hampir mirip dengan genset rumahan namun, bedanya genset tipe ini membutuhkan energi yang besar. Genset mesin solar biasanya ditempatkan di atas rumah dengan menggunakan solar panel. Maka dari itu, penggunaan genset mesin solar diaplikasikan pada perangkat berdaya tinggi. 

5. Genset portable
Genset portable merupakan tipe genset yang sering digunakan di tempat outdoor. Sehingga banyak orang yang memanfaatkan genset tipe ini untuk kegiatan berkemah yang minim listrik. Selain itu, karena bentuk desainnya yang mini atau kecil maka mudah untuk dibawa kemanapun pergi bahkan bisa dengan mudah diangkut oleh kendaraan besar. 

6. Genset mesin turbin
Genset mesin turbin merupakan tipe genset yang diklasifikasikan sebagai power genset. Kapasitas yang dimiliki bisa mencapai lebih dari 2 MW/ 2.000.000 Watt. Karena kapasitas yang dihasilkan besar maka genset mesin turbin ini bisa untuk menerangi sebuah kota kecil. Layaknya perangkat lainnya yang memanfaatkan lingkungan sekitar untuk memutar turbin demi menghasilkan listrik, genset ini juga demikian. Karenanya genset tipe ini sangat jarang diaplikasikan. 

7. Genset bertenaga urine
Genset bertenaga urine merupakan tipe genset yang terbilang baru. Melalui penelitian yang dilakukan, urine yang ada nyatanya mampu menjadi bahan bakar genset dengan kapasitas listrik yang mampu mengaliri hingga 6 jam lamanya. 

Itulah beberapa jenis genset yang ada dimana Anda bisa menggunakannya disesuaikan dengan kebutuhan. Pentingnya genset sebagai alternatif listrik maka tak heran jika banyak orang berbondong-bondong membelinya meski harganya relatif mahal. Lalu dimanakah tempat membeli genset terbaru yang terpercaya dengan kualitas original atau asli? 

Bhinneka merupakan toko offline dan online terpercaya dan terbukti kualitasnya di Indonesia. Toko yang berdiri sejak tahun 1993 ini menyediakan berbagai peralatan elektronik super lengkap dengan kualitas original atau asli dari produsen. Seiring perkembangan zaman, dan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada setiap konsumen maka berbelanja di Bhinneka pun semakin mudah dengan hadirnya situs Bhinneka.com. 

Di Bhinneka.com memiliki kelebihan yang sangat banyak diantaranya harga yang bersaing serta ada promo diskon dengan e-coupon yang bisa Anda nikmati menggunakan kartu kredit maupun non kartu kredit. Selain itu, ada pula gratis biaya pengiriman atau free ongkir ke seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Semua tipe genset yang Anda butuhkan tersedia secara lengkap di toko Bhinneka. Jadi jangan ragu segera berbelanja di toko Bhinneka.