Tips Sehat Bagi Penderita Hipertensi dan Macam Obat Darah Tinggi yang Sering Digunakan

Iklan Semua Halaman

Tips Sehat Bagi Penderita Hipertensi dan Macam Obat Darah Tinggi yang Sering Digunakan

Admin
Sunday, September 29, 2019

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit kronis yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Seseorang dinyatakan memiliki darah tinggi jika tekanan darahnya melebihi batas normal yaitu 120/80 mmHg dengan mempertimbangkan berat dan tinggi badan. Semakin tinggi menjauhi normal maka tekanan darah akan semakin tinggi yang bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan seperti stroke, serangan jantung hingga pecahnya pembuluh darah dan kematian. Penyakit darah tinggi sendiri selain disebabkan oleh faktor genetika juga dari pola hidup yang tidak sehat sehingga untuk menghilangkannya selain dengan obat darah tinggi yang tepat juga dengan menerapkan pola hidup sehat itu sendiri.

Bagi Anda pemilik darah tinggi, atau memiliki resiko terkena tekanan darah tinggi karena memiliki keluarga dengan riwayat hipertensi, berikut ini adalah beberapa tips sehat yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Menjaga pola makan.
Bagi mereka yang memiliki hipertensi atau memiliki resiko terkena hipertensi, menjaga pola makan sehari-hari sangat penting untuk dilakukan. Diet makanan dengan kadar garam tinggi menjadi pola diet yang wajib karena garam dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi Anda. Kurangi bahkan hindari penggunaan garam termasuk untuk bumbu makanan karena garam akan meningkatkan tekanan darah di pembuluh darah.

2. Olahraga teratur.
Olahraga teratur akan membuat anggota tubuh bergerak lebih aktif. Anda tak perlu melakukan olahraga berat atau menjadi anggota di fitnes centre, namun cukup pastikan tubuh Anda sudah bergerak dengan aktif semaksimal mungkin. Gerak bisa merupakan gerakan olahraga atau gerakan dalam kegiatan sehari-hari misalnya berjalan, bersepeda, mencuci pakaian sendiri, membersihkan rumah dan pekerjaan fisik lainnya.

3. Hindari stress.
Stress merupakan salah satu pemicu tekanan darah tinggi yang berhubungan dengan hormonal. Saat stress Anda akan makan tanpa kendali, merokok hingga minum alkohol. Stress juga dapat meningkatkan denyut jantung yang memperbesar resiko hipertensi.

4. Berhenti memiliki kebiasaan buruk.
Anda masih merokok, minum minuman keras bahkan menggunakan narkoba? Jika ingin bebas dari tekanan darah tinggi, segera tinggalkan kebiasaan buruk tersebut. Dengan hidup yang lebih sehat jantung dan pembuluh darah juga akan menjadi lebih sehat.

Dalam dunia kedokteran, sudah banyak jenis obat darah tinggi yang bisa digunakan untuk mereka pasien hipertensi. Obat tersebut dibagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan mekanisme kerjanya. Berikut ini adalah beberapa kategori obat untuk hipertensi yang sering digunakan masyarakat:

  • Diuretika yaitu obat yang dapat meningkatkan frekuensi buang air untuk mengurangi volume cairan di pembuluh darah. Contohnya Furosemid.
  • ACE inhibitor, menurunkan produksi hormon angiotensin yang berfungsi untuk menyempitkan pembuluh darah. Contoh obatnya Captopril.
  • Angiotensin II Reseptor blocker, menghalangi kerja angiotensin dengan memblokirnya dari reseptor tujuan. Contoh obatnya Candesartan.
  • CCB, merupakan calcium blocker yang berguna untuk mencegah calcium masuk ke dalam jantung dan pembuluh darah. Contoh obatnya adalah Amlodipin.

Tekanan darah tinggi bagi penderitanya dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius dibandingkan dengan gejala yang ditimbulkan. Karena itu bagi penderita hipertensi penting untuk mengkonsumsi obat darah tinggi begitu tekanan darah melebihi normal untuk kembali menurunkannya sebelum mengakibatkan gejala atau penyakit lainnya. lakukan tips sehat di atas, untuk memiliki tekanan darah yang normal dan tidak bergantung terus menerus pada obat-obatan. Lakukan cek tekanan darah secara berkala untuk mengetahui status tekanan darah Anda dan menerapkan diet makanan yang sesuai.