3 Alasan Mengapa Bibir Terlihat Menghitam

Iklan Semua Halaman

3 Alasan Mengapa Bibir Terlihat Menghitam

Admin
Thursday, August 8, 2019



Setiap orang tentu ingin memiliki bibir yang terlihat merah dan merona. Namun, seringkali kita justru memiliki bibir dengan warna yang cenderung kusam atau bahkan gelap. Akibatnya, kita perlu menggunakan warna lipstik untuk bibir hitam agar dapat menyiasatinya. Tapi, kondisi bibir seperti itu tentu bukanlah kondisi yang datang begitu saja dan disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut ini beberapa alasan mengapa bibir Anda bisa terlihat menghitam.

Rokok
Apabila Anda seorang perokok, maka bisa jadi rokok merupakan faktor utama yang membuat bibir Anda terlihat lebih gelap dari biasanya. Sebab, bibir yang terkena panas rokok akan cenderung mati bagian sel darah merahnya hingga membuatnya terlihat lebih gelap dari biasanya. Tak hanya itu, karbon hasil pembakaran rokok juga membuat bibir terlihat semakin menghitam. Jika ingin bibir terlihat merah merona tanpa menggunakan lipstick, maka sebaiknya hindari rokok sesegera mungkin.

Kafein
Suka mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh? Jika iya, mungkin itulah salah satu penyebab mengapa Anda memiliki bibir hitam. Sebab, kafein memiliki sifat diuretik yang dapat membuat bibir jadi lebih cepat kering karena cairan tubuh yang lebih banyak keluar. Ini disebabkan oleh kandungan diuretik yang membuat tubuh jadi lebih sering buang air hingga membuat cairan tubuh berkurang dan membuat bibir jadi lebih mudah kering. Akibatnya, secara perlahan warna bibir juga akan berubah jadi semakin gelap dan membuat Anda terlihat tidak segar.

Hormon Estrogen
Hormon Estrogen merupakan hormon yang bekerja untuk membantu proses regenerasi kulit. Saat kita telah memasuki usia senja, terutama setelah menopause, kadar estrogen dalam tubuh akan menurun secara alami hingga membuat proses regenerasi kulit jadi tidak sebaik sebelumnya. Akibatnya, secara tidak sadar bibir akan terlihat lebih gelap dari biasanya akibat proses regenerasi yang tidak berjalan secara normal.

Itulah beragam alasan mengapa Anda bisa memiliki bibir dengan warna yang cenderung gelap. Untuk menyiasati bibir yang gelap, Anda bisa menggunakan lipstick atau lipbalm saat beraktivitas. Sehingga, bibir tetap terlihat merona walau kulit aslinya lebih gelap.