Peran Broker Asuransi Untuk Program Manfaat Kesehatan Karyawan

Iklan Semua Halaman

Peran Broker Asuransi Untuk Program Manfaat Kesehatan Karyawan

Admin
Thursday, December 5, 2019

Setiap perusahaan tentu ingin karyawannya bekerja secara produktif demi kelangsungan bisnis. Produktivitas kerja dan kinerja karyawan dapat ditentukan oleh berbagai faktor mulai dari kenyamanan tempat bekerja hingga faktor kesehatan. 

Saat ini, produktivitas karyawan menjadi tantangan serius bagi banyak perusahaan di Indonesia. Tuntutan pekerjaan yang begitu besar membuat kesehatan mental para karyawan seringkali tertekan. Berdasarkan informasi dari Mercer Marsh Benefits tentang Top International Health Predictions for 2019, pada tahun 2018 terdapat peningkatan kesadaran secara global atas kesehatan mental dimana masyarakat dan pemerintah semakin menyadari pentingnya pencegahan dan perawatan. 

Untuk itu, memberikan fasilitas berupa asuransi kesehatan bisa menjadi dampak positif bagi psikologis seorang karyawan. Hal ini dilakukan agar karyawan dapat lebih tenang dan fokus bekerja tanpa harus memikirkan permasalahan yang mungkin terjadi seperti tanggungan biaya kesehatan.

Asuransi kesehatan untuk manfaat karyawan adalah produk asuransi yang dapat memberikan proteksi finansial terhadap pemegang polis. Manfaat proteksi yang bisa diperoleh dari asuransi kesehatan akan diberikan sesuai ketentuan yang tercantum dalam polis. Pada umumnya, asuransi kesehatan dapat memberikan perlindungan finansial ketika karyawan harus menjalani pengobatan rawat jalan dan/atau rawat inap.

Mengelola asuransi kesehatan terutama bagi karyawan diperlukan pemahaman yang dalam mulai dari desain program asuransi, biaya premi yang dikeluarkan dan manfaat yang didapat, serta evaluasi manfaat polis asuransi bagi karyawan yang setiap tahun bisa berbeda kebutuhannya. 

Mempertimbangkan hal-hal tersebut, banyak perusahaan yang bekerjasama dengan broker asuransi dalam mengelola program manfaat kesehatan dan tunjangan karyawan. Alasan lain juga dapat menghemat waktu dan biaya. Broker asuransi akan mengelola asuransi untuk manfaat kesehatan karyawan perusahaan sesuai dengan kebutuhan perusahaan seperti:

  1. Profil karyawan mulai dari umur dan status (menikah atau belum).
  2. Biaya alokasi premi dan manfaat kesehatan sesuai kondisi keuangan.
  3. Membantu memilihkan program asuransi yang paling sesuai dari beberapa perusahaan asuransi.  
  4. Layanan konsultasi klaim.

Layanan broker asuransi yang bisa membantu untuk merancang asuransi kesehatan dan program tunjangan bagi karyawan adalah Marsh Indonesia. Marsh telah berpengalaman dalam memberikan solusi manfaat asuransi kesehatan terbaik kepada ribuan perusahaan ternama di seluruh dunia termasuk Indonesia. 

Manfaat lainnya yang bisa didapat melalui Marsh Indonesia adalah perusahaan dapat menarik dan mempertahankan karyawan yang tepat, mengelola risiko keuangan dan peraturan, mengamankan solusi, harga, dan layanan terbaik serta manfaat, dan yang terpenting adalah menjaga karyawan tetap sehat dan produktif. 

Dengan kesehatan yang terjaga, para karyawan akan memberikan kontribusi besar bagi perusahaan sehingga kinerja perusahaan dapat semakin meningkat.

Sumber :
https://www.cermati.com/artikel/mengenal-broker-asuransi-seperti-apa-peran-dan-tanggung-jawabnya
https://asuransikaryawan.co.id/pentingnya-asuransi-kesehatan-dan-kecelakaan-untuk-karyawan/
https://www.kompasiana.com/syarif1970/552cae306ea8346e418b45eb/proteksi-kesehatan-dan-gaya-hidup-sehat-karyawan