Efek Luka Bakar pada Kulit Manusia

Iklan Semua Halaman

Efek Luka Bakar pada Kulit Manusia

Admin
Sunday, July 28, 2019


Luka bakar bisa dibilang merupakan cedera yang paling umum terjadi dalam kehidupan sehari-hari, terlebih bagi seseorang yang doyan memasak di dapur atau terkena knalpot sepeda motor, obat luka bakar kena knalpot dan sejenisnya dapat diobati dengan bahan alami atau obat-obatan kimia.

Luka bakar terjadi akibat sel-sel pada kulit mengalami kerusakan atau terpapar benda panas, cairan kimia dan bisa juga karena sengatan listrik. Tidak semua luka bakar memiliki tingkat keparahan yang sama, terdapat tingkatan mengenai luka bakar pada kulit ini.

Luka Bakar Knalpot
Komplikasi Luka Bakar
Luka bakar yang disebabkan beberapa hal dapat membuat seseorang mengalami masalah lain pada kulitnya jika tidak diobati dengan benar. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa, terdapat tingkatan yang berbeda pada luka bakar ini.

Beberapa komplikasi yang disebabkan dari efek luka bakar pada kulit seseorang diantaranya adalah sebagai berikut, bekas luka, hipotermia, gangguan bergerak, infeksi, gangguan pernapasan, kehilangan banyak cairan tubuh hingga menyebabkan sakit kepala.

Sakit kepala ini bisa diakibatkan karena kehilangan banyak cairan tubuh, hipotermia atau gangguan pernapasan. Menyusul hal itu, beberapa cara dapat dilakukan dengan mudah dan tidak ribet untuk mengatasi sakit kepala terdapat di https://www.guesehat.com/tips-mengatasi-sakit-kepala-berat

Salah satu yang dapat dipraktekkan adalah menjauhkan diri dari sinar matahari, hal ini berdasarkan studi di Harvard University pada tahun 2009. Sinar matahari yang terik dan panas ditambah dengan dehidrasi memungkinkan seseorang mengalami sakit kepala.

Sementara itu, menjauhkan diri dari sinar matahari yang terik juga dapat mencegah kulit terkena luka bakar. Sebaiknya dapat menghindari paparan cahaya matahari yang terik ketika berada di luar ruangan.

Selain menghindari sinar matahari yang terik, pencegahan luka bakar juga dapat dilakukan dengan menghindari sumber api. Jangan lupa mematikan sumber api setelah digunakan seperti pada kompor atau mematikan putung rokok setelah dihisap.

Bagi penderita luka bakar, jika sudah dalam kondisi terluka maka dapat dipulihkan dengan memakai air yang mengalir dan mengonsumsi parasetamol untuk meredakan sakitnya. Apabila luka tersebut masuk dalam kategori parah, sebaiknya segera pergi ke dokter atau rumah sakit terdekat.