Cara Mengatasi Batuk pada Bayi yang Pertama Kali Dilakukan

Iklan Semua Halaman

Cara Mengatasi Batuk pada Bayi yang Pertama Kali Dilakukan

Admin
Tuesday, May 21, 2019

Pasti Anda tidak akan tega melihat si kecil batuk-batuk. Cara mengatasi batuk pada bayi harus segera diterapkan. Terdapat beberapa penanganan pertama untuk mengatasi batuk yang dialami bayi. Selain memeriksakan ke dokter, kesigapan Anda sebagai orang tua dalam menangani batuk si kecil sangat diperlukan. Penasaran seperti apa? Simak beberapa poin dan penjelasannya berikut.

1. Memberikan Waktu Istirahat yang Cukup

Pola istirahat sangat dibutuhkan setiap orang, terlebih bayi yang masih membutuhkan banyak istirahat karena kondisinya yang masih lemah. Tumbuh kembangnya juga sangat berkaitan dengan terpenuhinya waktu istirahat.

Ketika bayi sakit batuk, tentu sudah pasti membutuhkan lebih banyak waktu istirahat. Anda harus memperhatikan waktu tidur si kecil. Tidurkanlah si kecil sebanyak yang ia inginkan. Kualitas tidur si kecil juga lebih baik jika tidur dalam keadaan kenyang. Untuk itu, pastikan pola makannya juga teratur dalam porsi yang cukup.

2. Memberikan ASI Eksklusif

ASI (Air Susu Ibu) adalah asupan nutrisi pokok untuk bayi. Pemberian ASI eksklusif adalah langkah pertama dalam mengatasi batuk yang dialami si kecil. Sumber makanan utama ini dapat memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan bibit penyakit.

Agar ASI lebih berkualitas, Anda bisa mengonsumsi sayuran hijau dan buah agar kandungan vitamin dan mineralnya juga ada dalam ASI untuk bayi. Berikan ASI secara teratur dalam porsi yang diinginkan si kecil.

3. Memperbanyak Asupan Air Putih

Memperbanyak konsumsi air putih termasuk poin utama dalam cara mengatasi batuk pada bayi. dengan asupan air putih yang lebih banyak, sistem metabolisme tubuh bayi lebih lancar. Sistem ekskresi lewat urin juga lebih lancar dan optimal untuk menghilangkan racun di dalam tubuh, termasuk bibit penyakit dalam tubuh.

Tenggorokan dan dada bayi juga bisa lebih lega. Usahakan untuk memberikan air putih dalam kondisi hangat agar tubuh bayi bisa ikut hangat dan rileks. Bayi juga tidak akan mengalami dehidrasi karena kebutuhan cairan tubuh sudah terpenuhi.

4. Menghangatkan Tubuh Bayi

Tubuh bayi yang hangat bisa memicu penurunan demam dan mengatasi batuk yang dideritanya. Ketika tubuh bayi lebih hangat, dada dan tenggorokan bisa lebih lega. Anda bisa menghangatkan tubuh bayi dengan mengoleskan minyak telon atau minyak kayu putih. Mengoleskan bawang putih yang dilapisi kain ke dada bayi juga dianjurkan. Kaki dan tangan bayi juga ikut dihangatkan.

5. Memijat Secara Lembut

Pijatan lembut untuk bayi juga sangat direkomendasikan agar tubuhnya menjadi rileks. Pijatan di area punggung akan membuatnya lega. Pernapasan akan lebih lancar. Cara alami ini sangat dianjurkan agar si kecil cepat sembuh dan merasa nyaman dengan sentuhan kasih sayang orang tuanya.

Sebelum batuk makin parah, serangkaian cara mengatasi batuk pada bayi tersebut harus segera dilakukan. Anda bisa menanganinya untuk meringankan rasa sesak yang dialami si kecil. Kekebalan tubuhnya juga bisa meningkat untuk melawan tumbuh kembang bibit penyakit. Info penanganan batuk pada bayi lainnya juga tersedia di Orami Magazine. Akses saja di orami.co.id.