4 Hal yang Dapat Anda Lakukan Saat Kipas Angin AC Tak Dingin

Iklan Semua Halaman

4 Hal yang Dapat Anda Lakukan Saat Kipas Angin AC Tak Dingin

Admin
Thursday, January 17, 2019

Perangkat pendingin ruangan seperti kipas angin AC memang menjadi pilihan yang tepat untuk dipilih saat ini. Mengapa, sebab dengan kemampuannya mendinginkan ruangan maka suhu bumi yang panas pun akan bisa diminimalisir. Sementara ketika tarif dasar listrik juga terus mengalami kenaikan maka dengan kipas angin AC, tagihan listrik di rumah Anda pun tidak akan membengak. Nah dengan kedua keunggulan ini saja Anda sudah bisa mendapati keuntungan yang memuaskan dari pembelian kipas angin AC dibanding perangkat pendingin ruangan lainnya. 

Kipas Angin AC
Tapi memang walau banyak manfaatnya, disuatu waktu bisa saja kipas angin AC ini mengalami penurunan fungsi dari awalnya mampu mendingikan ruangan menjadi kurang maksimal menurunkan suhu. Nah bila hal ini sudah terjadi maka Anda tak perlu panik dulu. Cobalah untuk mengetahui penyebabnya. Dan berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika kipas angin AC tidak maksimal mendinginkan ruangan.

1. Aktifkan Fitur Cooler
Hal pertama yang bisa Anda lakukan ketika mendapati kipas angin AC tidak maksimal mendinginkan ruangan adalah dengan mengecek fitur cooler. Memang bisa jadi mengapa kipas angin AC tak bisa maksimal mendinginkan ruangan adalah karena fitur cooler yang tidak diaktifkan. Jika fitur cooler pada kipas angin AC ini tidak diaktifkan maka memang perangkat ini hanya akan berfungsi sebagai kipas angin biasa. Maka dari itu ketika Anda mendapati kipas angin AC tidak maksimal mendinginkan ruangan maka cobalah cek dulu fitur cooler ini sudah aktif atau belum. Bila fitur ini belum aktif maka pastikan Anda mengaktifkannya supaya kipas angin AC mampu dengan maksimal mendinginkan suhu ruangan.

2. Tambahkan Es Pada Tangki
Memang tidak hanya air dingin saja yang dapat Anda gunakan untuk mengaktifkan cooler guna mendinginkan ruangan. Tapi ada bahan atau materail lain yang bisa jadi alternatif mendinginkan ruangan secara maksimal dengan kipas angin AC. Bahan atau material selain air dingin yang mampy mendinginkan ruangan lebih maksimal adalah es. Jadi dengan menambahkan es ke tangki maka udara yang akan diolah dan dihasilkan kipas angin AC akan jauh lebih dingin. Es memang merupakan benda yang dingin dan lebih dingin dari air. Maka bila Anda menyalakan kipas angin AC dan ingin perangkat ini bekerja maksimal mendinginkan ruangan coba saja menggunakan atau menambahkan es pada tangki.

3. Lakukan Pembersihan 
Berikutnya, hal yang harus dilakukan saat kipas angin AC tidak dingin adalah melakukan pembersihan pada perangkat. Kipas angin AC yang tidak dingin memang bisa membuat perangkat tidak bisa bekerja dengan maksimal mendinginkan udara di ruangan. Nah ketika hal ini terjadi tentu Anda sebagai pemiliknya harus melakukan pembersihan pada perangkat agar kipas angin AC kembali mampu bekerja maksimal mendinginkan ruangan. Untuk membersihkan kipas angin AC sendiri Anda akan dengan mudah bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ketika Anda sudah membersihkan kipas angin AC dengan baik maka udara dingin akan kembali bisa Anda rasakan.

4. Tempatkan Pada Ruang yang Sesuai Kemampuan Air Flow
Terakhir, hal yang harus Anda lakukan ketika kipas angin AC tak dingin adalah menempatkan perangkat pada ruang yang sesuai kemampuan air flow. Memang bisa jadi kipas angin AC yang tidak dingin disebabkan oleh tidak sesuainya kemampuan air flow dengan ruangan yang didinginkan. Setiap perangkat kipas angin AC memang bisa jadi memiliki air flow yang merupakan kemampuan mendinginkan ruangan yang berbeda-beda. Jadi bila kemampuan air flow kipas angin AC ini rendah dan kemudian ditempatkan di ruang yang besar maka hal ini bisa membuat proses pendinginan ruangan jadi tidak optimal. 

Tapi bila kipas angin AC memiliki air flow yang diaktifkan sesuai dengan kapasitas ruangannya, maka Anda akan bisa menikmati kemampuan mendinginkan dari perangkat ini yang optimal. Maka dari itu bila Anda ingin merasakan ruangan yang dingin maksimal maka Anda harus menyesuaikan kemampuan air flow dengan luas ruangan yang akan didinginkan.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan saat kipas angin AC tidak dingin. Nah dari sini maka Anda yang ingin merasakan dingin optimal dari kipas angin AC maka jika mendapati perangkat tak bekerja seperti biasanya maka Anda harus melakukan beberapa hal di atas.