Minuman Tradisional Berbahan Teh yang Hangat Berkhasiat - normavoyante.com

normavoyante.com

Blog Normavoyante Berbagi Untuk Indonesia

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sunday, March 11, 2018

Minuman Tradisional Berbahan Teh yang Hangat Berkhasiat

Tradisional Berbahan Thai Tea 
Teh merupakan salah satu minuman yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia. Bahkan secara turun temurun, teh menjadi salah satu sajian minuman wajib di berbagai tempat. Selain karena murah dan berkhasiat, teh juga dapat dikreasikan ke berbagai jenis minuman modern maupun tradisional. Aroma teh yang harum serta khasiatnya menjadikan teh sebagai minuman primadona masyarakat. Dalam artikel ini, kami sajikan untuk Anda 3 resep minuman tradisional berbahan teh yang berkhasiat dari 3 negara, Thailand, India dan Indonesia, ini dia resepnya:

1. Thai Tea
Sesuai dengan namanya, minuman teh tradisional ini berasal dari Negeri Gajah Putih, Thailand. Teh ini biasa dijual dengan harga sekitar 12 ribu hingga 15 ribu. Lebih murah jika membuatnya sendiri. Sediakan saja 2 kantong teh hitam (bisa menggunakan Sariwangi Teh Asli atau Teh Melati), 500 ml air panas, 100 ml evaporated milk atau santan kental, gula pasir sesuai selera, 2 butir bunga Lawang, dan 2 batang kayu manis. Seduh teh selama 10 hingga 15 menit, tambahkan susu atau santan, gula kemudian bunga lawang dan kayu manis, aduk hingga rata. Sajikan hangat atau dengan es batu.

2. Teh Masala
Teh Masala berasal dari India dan sama-sama menggunakan rempah dan susu. Caranya adalah dengan sediakan 600 ml susu cair tanpa rasa, 1 kantong teh hitam, 15 butir kapulaga, 1 sdt cengkeh bubuk, 1 sdm kayu manis bubuk, 1 sdm jahe bubuk, 125 ml air panas. Campur semua bahan satu per satu, didihkan selama 7 menit, tambahkan gula atau madu jika ingin citarasa yang manis.

3. Bandrek
Ini dia minuman tradisional yang hangat dan berkhasiat khas Nusantara, tepatnya di Tanah Priangan alias Jawa Barat. Cara membuatnya adalah dengan merebus gula pasir, gula merah, jahe, batang sereh dan daun pandan ke dalam air ½ liter hingga mendidih dan meresap. Saring ke dalam gelas, celupkan 1 kantong Sariwangi Teh Asli selama 2 menit, tambahkan susu kental manis atau santan kental. Sajikan panas-panas.

4. Bajigur
Minuman khas Jawa Barat ini bermanfaat untuk menghilangkan masuk angin, sakit perut, gangguan pencernaan, dan mengatasi susah buang air besar. Selain itu, campuran bahan dasar santan dan gula merah memiliki manfaat hampir serupa dengan cokelat yang mampu mendorong produksi endorfin di dalam tubuh, yakni hormon alami pemicu kebahagiaan.
5. STMJ (Susu Telor Madu Jahe)Beberapa bahan makanan ini baik bila dikonsumsi terpisah. Tetapi saat dijadikan satu minuman dapat berkhasiat untuk memberi tenaga, menambah kekebalan dan juga menghangatkan tubuh. Bahkan banyak yang meyakini ramuan STMJ bermanfaat untuk bantu tingkatkan gairah seksual pria.

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad