Harga Kambing Kurban Tak Menyurutkan Niat Berkurban - normavoyante.com

normavoyante.com

Blog Normavoyante Berbagi Untuk Indonesia

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 08 Juli 2017

Harga Kambing Kurban Tak Menyurutkan Niat Berkurban

Hari raya Idul Adha merupakan hari yang banyak ditunggu oleh umat muslim. Di hari ini, seluruh muslim di dunia merayakan hari raya dengan gembira. Salah satu ibadah yang juga dilakukan di hari Idul Adha adalah berkurban. Aktivitas berkurban ini dilakukan dengan menyembelih hewan kurban yang biasanya berupa sapi atau kambing dan nantinya dibagi-bagikan kepada keluarga, saudara dan semua orang untuk merayakannya. Mengingat permintaan pasar akan hewan kurban semakin meningkat jelang hari raya, maka tak heran jika harga kambing kurban semakin naik jika sudah dekat dengan Idul Adha.
Harga Kambing Kurban Tak Menyurutkan Niat Berkurban
Harga Kambing Kurban Tak Menyurutkan Niat Berkurban
Meski memang aktivitas berkurban ini sudah sangat familiar, namun tidak semua muslim mengerti ketentuan dan aturan sehingga kerapkali banyak sekali pertanyaan yang muncul dalam ibadah ini. Berikut ini beberapa pertanyaan umum beserta jawaban tentang ibadah berkorban, diantaranya adalah:

1. Apa hukum berkurban?
Para ulama memiliki pendapat berbeda akan hukum berkurban itu sendiri, namun untuk pensyariatannya sendiri memang telah disepakati. Ada yang menyatakan jika hukum berkurban adalah wajib bagi yang mampu dan ada juga yang berpendapat jika hukum berkurban adalah sunnah muakkad. Meski begitu pendapat kedua ini adalah pendapat yang lebih kerap dipakai yaitu hukumnya sunnah muakkad.

2. Apa hikmah berkurban?
Hikmah berkurban sangatlah besar. Berkurban adalah ibadah yang dapat mendekatkan seorang hamba kepada Allah SWT dengan jalan melakukan perintah-Nya. Selain itu, dengan berkurban, maka berkesempatan juga untuk memberi makan kepada fakir miskin. Wujud syurkur atas segala rezeki yang diberikan Allah SWT juga bisa dibuktikan dengan cara berkurban.

3. Bagaimana cara membaginya?
Untuk hal ini ada beberapa pendapat juga. Paling banyak menggunakan pendapat dimana sepertiga bisa dimakan, sepertiga lagi bisa dibagikan kepada siapapun yang dikehendaki dan sepertiga lainnya dapat disedekahkan kepada kaum fakir dan miskin.

4. Bolehkah menghadiahkan daging kurban kepada non muslim?
Diperbolehkan memberikan daging kurban kepada non muslim yang tidak membenci dan tidak memerangi kaum muslim. Hal ini juga sebagai harapan agar mereka mau membuka hati untuk menerima agama Islam.

5. Bagaimana apabila cacat hewan baru diketahui setelah hewan kurban dibeli?
Untuk yang membeli hewan kurban dan ternyata di tengah jalan jatuh atau mungkin cacat, maka tetap dapat disembelih. Tidak ada dosa yang menyertainya mengingat sang pemilik tidak mengetahuinya atau tidak sengaja sehingga termasuk udzur syar’i.

Itulah beberapa pertanyaan yang kerap kali ditanyakan dan masih banyak menimbulkan kebingungan. Ada baiknya bagi yang ingin berkurban untuk bisa menyembelih sendiri hewan kurbannya karena hal ini dianjurkan oleh Rasulullah. Pastikan berkurban dengan hewan yang terbaik sehingga pahala yang didapat semakin besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad